Perbedaan 4 sistem operasi pada Windows Server 2012


Saat akan menginstall Windows server 2012, kita pasti dihadapkan pada 4 pilihan OS yang ingin diinstall. 4 pilihan itu dibagi 2 jenis, yaitu Standard dan Datacenter. Masing-masing jenis ini memiliki 2 versi, yaitu versi Core dan GUI. Sebelum menjelaskan perbedaan dari jenisnya, kita akan mengetahui dulu perbedaan dari versinya.

Berikut ini adalah detail performa dari versi Core, jenis yang digunakan adalah Standard.
Menurut gambar diatas, Windows server versi Core dari jenis Standard ini menggunakan daya prosesor sebanyak 1% untuk menangani 28 proses yang berjalan pada OS Windows server tersebut.

Menurut gambar diatas, versi Core ini juga memakai memori sebesar 301 MB dari keseluruhan memori yang dimiliki oleh Windows server versi Core ini, yaitu 2 GB.

Nah, selanjutnya kita identifikasi performa dari Windows server versi GUI yang jenisnya Standard juga.
Dari gambar di atas, jelas terlihat perbedaan persentase penggunaan prosesor dari versi Core. Versi GUI ini menggunakan daya prosesor sebesar 3% untuk menangani 31 proses yang berjalan pada Windows server versi GUI tersebut.

Dari gambar di atas terlihat pula perbedaan memori yang dipakai oleh versi GUI ini, yaitu memakai memori sebanyak 650 MB dari total memori 2 GB.

Oke, kembali ke topik awal. Jadi.. dengan membandingkan 2 versi Windows server saja yaitu versi Core dan GUI kita sudah dapat menyimpulkan bahwa daya yang digunakan untuk memproses aplikasi maupun service pada versi Core lebih sedikit daripada daya yang digunakan untuk memproses aplikasi maupun service pada versi GUI. Memori yang dipakai-pun juga demikian, versi Core lebih sedikit memakai memori sementara versi GUI lebih banyak memakai memori ketimbang versi Core.

Oke, sudah mulai paham kan.. hmm, tapi masih ada yang membingungkan nih, yaitu perbedaan dari jenis Standard dan Datacenter. Nah, perbedaan dari kedua jenis itu terletak pada lisensi virtualnya, oleh karena itu.. Maka Windows server jenis Datacenter cocok untuk digunakan pada perusahaan besar karena tidak ada batasan untuk lisensi virtualnya.

By: blogabdulhalim.blogspot.com | Abdul Halim (c) 2016
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
August 22, 2016 3:16 PM ×

:ng lengkap jugaaa

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment