Introduction, Materi Pertama Bahasa Inggris Dasar


Introduction, a.k.a perkenalan. Adalah hal paling mendasar dalam berkomunikasi. Apalagi buat anak komunikasi, ibarat kata.. kalo nggak kenalan, gimana bisa lanjut nyambung? Hehe. Pada artikel ini saya akan membagikan sebuah ilmu dalam bahasa lain.. bahasa asing maksudnya, tapi bahasa asing satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk para pembaca sekalian. Ya, bahasa Inggris. Apa dan bagaimana berkenalan dalam bahasa Inggris akan dibahas dalam artikel ini.

Personal Information a.k.a Informasi Personal (Pribadi)

Inilah hal yang sangat penting dari sebuah perkenalan, bisa dibilang tujuan utama dari perkenalan.

When you meet people for the first time, what do you usually tell them about yourself? What do people want to know about you? Your name is probably the first thing you will tell them. Besides your name, you also give information about your occupation, address, place of origin, and sometimes hobbies and interests. You give personal information when you tell people about yourself.

Saat kamu bertemu seseorang untuk pertama kali, apa yang biasanya kamu katakan atau beritahu mereka tentang diri kamu? Nama kamu mungkin jadi hal pertama yang kamu beritahu. Selain itu, kamu mungkin memberi mereka informasi tentang pekerjaan kamu, alamat, asal daerah, dan terkadang hobi serta kesukaanmu. Disini, bisa dibilang kamu telah memberi mereka informasi personal atau informasi pribadi tentang dirimu kepada mereka.

Beberapa Informasi Personal, seperti Nama, Tempat & tgl. lahir, Umur, Kebangsaan, Asal daerah, Alamat rumah, Pekerjaan, Pendidikan, Keluarga, Hobi, dll bisa kamu beritahu saat memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris atau apabila kamu ingin berkenalan dengan orang lain, maka otomatis kamu akan bertanya tentang informasi personal mereka, bukan?

Sentence of Personal

Berikut ini adalah beberapa contoh Sentence of Personal, atau kalimat personal berupa pertanyaan yang bisa kalian gunakan saat berkenalan.

1. What is your name?
2. What is your nickname?
3. When were you born?
4. How old are you?
5. What is your nationality?
6. Where are you from?
7. What is your address?
8. Are you a student?
9. Do you have brother or sister?
10. What do you do on your free time?

dan berikut adalah contoh jawaban dari sentence of personal tadi.

1. My name is Aldrich Chianata
2. My nickname is Al
3. I was born on September 1st, 2000 in California
4. I am 19 years old
5. My nationality is American
6. I am from San Rafael
7. My address is 231 Bayview Street, San Rafael, CA
8. Yes, I am a student at Liberty High School
9. Yes, I do have one brother
10. I do enjoy cycling in my spare time

Grammar Focus

Disini, perlu diperhatikan penggunaan verb (kata kerja) dalam pertanyaan tsb. yang berbentuk "to be" (is, am, are) dan "V1" (do/don't+V1, does/doesn't+V1). Di dalam contoh kalimat pertanyaan dan jawaban di atas sudah saya cetak tebal. Jadi, apabila dalam pertanyaan personal menggunakan verb "to be" / "V1" maka cara menjawabnya adalah mengawali jawaban dengan "to be" / "V1" juga.

Contoh "to be" (are, am) :
Q: How old are you?
A: I am 19 years old

Contoh "V1" (do+V1[have]) :
Q: Do you have brother or sister?
A: Yes, I do have one brother

Semoga kalian paham dengan penjelasan dan contoh singkat tentang introduction a.k.a perkenalan dalam pelajaran bahasa Inggris dasar yang coba saya bagikan pada malam hari ini. Jangan berhenti belajar dan Terimakasih telah berkunjung!
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment