Mengenal Tampilan dan Bagian Worksheet di Microsoft Excel


Selamat malam dan selamat datang di Blog Abdul Halim. Sebenarnya, malam ini saya ingin menulis artikel yang menjelaskan tentang salah satu fungsi/rumus di aplikasi Ms. Excel yang telah saya pelajari. Namun, saya teringat bahwa di blog ini belum ada satupun artikel tentang Ms. Excel, oleh karena itulah artikel ini dibuat. Sebelum membahas dan berbagi lebih lanjut tentang fungsi utama dari Ms. Excel ini.. yaitu melakukan perhitungan data serta banyak langkah & cara-cara memaksimalkan aplikasi perhitungan Ms. Excel. Alangkah baiknya, saya mulai dengan memperkenalkan para pembaca sekalian dengan tampilan dan bagian daripada worksheet di Microsoft Excel.

1. Worksheet

Gambar 1.0 Worksheet "Sheet1" pada workbook "Book1"

Dimulai dari bagian yang paling penting, yaitu Worksheet. Worksheet di Ms. Excel adalah lembar kerja sebagai tempat data-data yang diinput pengguna. Worksheet diproses, dan dihimpun serta ditampilkan dalam satu workbook. Jadi, data-data yang diinput di suatu worksheet dimanajemen oleh workbook sehingga dapat dipindahkan atau dicopy ke worksheet lainnya. Worksheet Microsoft Excel terdiri atas baris (row) dan kolom (column).

2. Baris (row)

Gambar 2.0 Baris 1048576, baris terakhir pada Ms. Excel

Baris pada Ms. Excel adalah beberapa sel yang berbaris secara horizontal (menyamping). Baris Microsoft Excel diidentifikasi mulai dari baris 1 – 1.048.576, sehingga jumlah baris pada Microsoft Excel adalah 1048576 baris. Kalian dapat menuju sel baris terakhir dengan mengklik tombol Ctrl+Page Down pada keyboard atau Ctrl+tanda panah bawah.

3. Kolom (column)

Gambar 3.0 Kolom XFD, kolom terakhir pada Ms. Excel

Kolom pada Ms. Excel beberapa sel yang berbaris secara vertikal (dari atas ke bawah). Kolom Microsoft Excel diidentifikasi mulai huruf A – XFD, jumlah kolom Microsoft Excel adalah 16.384. Kalian dapat menuju sel kolom terakhir dengan mengklik tombol Ctrl+End atau Ctrl+tanda panah kanan pada keyboard.

So, berdasarkan jumlah baris dan kolom pada microsoft excel, worksheet pada Microsoft Excel berisi 17.179.869.184 sel. Tahu darimana? Dari hasil perkalian antara jumlah baris dan jumlah kolom pada Ms. Excel😄

Semoga artikel pembuka ini dapat membuka wawasan para pembaca tentang Ms. Excel, sehingga kalian tertarik untuk mempelajarinya bersama-sama saya lewat blog ini. Tunggu artikel selanjutnya ya, terimakasih telah berkunjung!
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment