8 Teknik Dasar Fotografi, Wajib Diketahui Pemula


Welcome back, folks! Sudah lumayan lama ya saya vakum dari kegiatan menulis di blog ini, haha. Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah ilmu tentang beberapa teknik dasar fotografi yang pagi tadi saya pelajari di sebuah kelas, dalam sebuah komunitas penggiat ilmu a.k.a universitas. Wih, keren ya bahasanya.. mungkin juga ketinggian. Alright.. let's get back on track, mari kita kembali fokus ke tujuan awal tulisan ini diketik. Yap, untuk berbagi ilmu tentang beberapa teknik dasar fotografi. Berikut penjabarannya.

1. Hyperfocal

Teknik Hyperfocal Focus atau bisa disebut juga Hyperfocal Distance, yang artinya adalah teknik untuk memanfaatkan jarak dari lensa ke titik fokus objek. Dimana jarak tersebut dimulai dari titik fokus objek hingga ke infinity (titik tak terhingga) sehingga objek yang dipotret atau difoto akan terlihat seperti tajam.

2. Freezing

Teknik Freezing adalah teknik memotret sebuah objek yang sedang bergerak; seperti air, orang yang sedang berolahraga atau apapun dengan seolah-olah kita dapat menghentikan objek yang sedang begerak tersebut. Simpelnya adalah sebuah teknik fotografi untuk membekukan suatu objek atau keseluruhan elemen yang kita foto.

3. Panning

Panning adalah sebuah teknik dalam fotografi untuk memberikan kesan gerak pada objek yang memang sedang bergerak saat difoto. Contohnya seperti; mobil drift, dan orang yang sedang bersepeda dengan cepat. Saat kita memotret objek bergerak dengan teknik panning, maka foto yang dihasilkan akan berfokus ke objek bergerak tersebut, sementara background atau environment lain yang terambil selain objek yang kita foto terlihat seperti bergerak.

4. Blur

Blur atau blurring adalah suatu teknik fotografi paling efektif untuk dapat memberi kesan bergerak pada sebuah foto dengan cara membiarkan objek yang difoto menjadi blur. Dengan teknik blur ini kita dapat menghasilkan suatu efek gerakan pada objek yang kita foto karena menangkap cahaya di luar fokus kamera.

5. Selective Focus

Selective Focus merupakan teknik fotografi yang membuyarkan satu dari beberapa objek pada foto. Ada yang disebut objek depan dan objek belakang. Dalam teknik selective focus, kita memilih untuk membuyarkan fokus objek depan atau objek belakang sehingga hanya akan berfokus pada satu objek yang dipilih.

6. Bulb

Teknik Bulb adalah teknik dalam fotografi yang menggunakan kecepatan atau speed yang sangat lambat sehingga bisa untuk menangkap cahaya yang sangat cepat. Nantinya, teknik bulb fotografi ini akan menghasilkan sebuah garis atau gambar yang terbentuk dari sumber cahaya yang telah berhasil ditangkap.

7. Siluet

Teknik fotografi untuk membuat objek utama menjadi gelap total dengan cara mengalihkan fokus ke background yang terang, sehingga yang terlihat adalah bentuk dari objek utama yang gelap total tersebut.

8. Zooming

Teknik fotografi untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa pada saat pemotretan sehingga objek terlihat seperti mendekati/menjauhi kamera. Efek foto yang didapat dari teknik memotret ini adalah foto terkesan bergerak mendekat/menjauh menuju ke satu titik.

Itulah 8 teknik dasar fotografi yang telah saya ketahui lewat sesi pembelajaran di kampus tercinta pagi ini, semoga pemahaman yang saya paparkan dapat bermanfaat untuk anda, para pembaca sekalian. Ingat, tidak ada yang mudah tetapi tidak ada yang tidak mungkin.. kita telah mengetahui dasarnya, adalah tidak mustahil apabila kedepannya kita bisa menjadi seorang expert. Tetap tumbuhkan semangat belajar, & terimakasih telah berkunjung!
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment