Hubungan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis

Kreativitas bukan hanya milik seorang artis (pekerja seni) atau ilmuwan saja, tetapi merupakan bagian dari kehidupan. Seseorang yang dihadapkan pada suatu pekerjaan khusus akan menggunakan pemikiran kreatifnya untuk memecahkan masalah-masalah praktis dengan alat-alat yang ada. -Tatag Yuli Eko Siswono


Kreativitas mempunyai banyak definisi. Erkki Pehkonen, seorang profesor dari Universitas Helsinki menggunakan definisi dari Matti Bergström (ahli neurofisiologi) yang menyebutkan bahwa kreativitas merupakan kinerja (performance) yang dihasilkan seorang individu sehingga menjadi sesuatu yang baru atau tidak terduga. Elizabeth Bergner Hurlock, seorang penulis buku berjudul "Psikologi Perkembangan" menjelaskan kreativitas adalah tentang kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya (tidak ada).

Kreativitas dapat berupa kegiatan imajinatif atau sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman. Kreativitas mungkin mencakup pembentukan pola baru dan gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman sebelumnya serta pencangkokkan (pemindahan) hubungan lama ke situasi baru dan mungkin mencakup pembentukan korelasi yang baru. Kreativitas pun harus mempunyai maksud atau tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata, agar sah menjadi hasil yang sempurna dan lengkap.

Robert Solso, seorang psikolog Amerika menjelaskan kreativitas sebagai suatu aktivitas kognitif yang menghasilkan suatu cara atau sesuatu yang baru dalam memandang sebuah masalah atau situasi. Dalam tulisan ini kreativitas menekankan pada aspek proses maupun produk, sehingga kreativitas sendiri dipandang sebagai suatu kemampuan maupun aktivitas kognitif individu yang menghasilkan suatu cara atau sesuatu yang baru dalam memandang masalah/situasi. Oleh karena itu, berpikir kreatif dapat juga diartikan sebagai suatu proses yang digunakan ketika kita mendatangkan atau memunculkan suatu ide baru. Hal dalam menggabungkan ide-ide yang sebelumnya yang belum pernah dilakukan. Berpikir kreatif yang dikaitkan dengan berpikir kritis merupakan perwujudan dari keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher-order thinking)

Elaine B. Johnson, seorang penulis buku menjelaskan bahwa arti berpikir kritis adalah mengorganisasikan proses yang digunakan dalam aktifitas mental seperti pemecahan masalah, pengambilan keputusan, meyakinkan, menganalisis asumsi-asumsi dan penemuan ilmiah. Berpikir kritis adalah suatu kemampuan untuk bernalar (to reason) dalam suatu cara yang terorganisasi. Berpikir kritis juga merupakan suatu kemampuan untuk mengevaluasi secara sistematik kualitas pemikiran diri sendiri dan orang lain. Sedangkan, berpikir kreatif merupakan suatu aktifitas mental yang memperhatikan keaslian dan wawasan (ide). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa berpikir kreatif dan berpikir kritis adalah proses yang sangat berhubungan. Dengan adanya berpikir kritis, maka kreativitas akan lebih terjaga nilai orsinilnya, karena berpikir kritis juga memperhatikan keaslian dari sebuah perspektif penyelesaian masalah. Dengan adanya pemikiran kritis, maka proses berpikir kreatif pun akan menadi lebih berbeda dan orginal.

Reni Akbar Hawadi, guru besar Fakultas Psikologi UI menyebutkan ciri-ciri kreativitas adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang mendalam
  2. Sering mengajukan pertanyaan yang berbobot
  3. Memberikan banyak gagasan, usul-usul terhadap suatu masalah
  4. Mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu
  5. Mempunyai/menghargai rasa keindahan
  6. Menonjol dalam satu atau lebih bidang studi
  7. Dapat mencari pemecahan masalah dari berbagai segi
  8. Mempunyai rasa humor
  9. Mempunyai daya imajinasi (misalnya memikirkan hal-hal yang baru dan tidak biasa)
  10. Mampu mengajukan pemikiran, gagasan pemecahan masalah yang berbeda dengan orang lain (orisinil)
  11. Kelancaran dalam menghasilkan bermacam-macam gagasan
  12. Mampu menghadapi masalah dari berbagai sudut pandang

Itulah tadi penjelasan tentang hubungan atau korelasi antara berpikir kreatif dan berpikir kritis. Semoga postingan ini dapat bermanfaat, dan membuat para pembaca tetap semangat untuk menggali potensi diri. Have a blessed day, everyone! Regards..


Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment