Pengertian Human Interest dalam Fotografi


Human Interest dalam Fotografi adalah sebuah bentuk foto yang memilik "story" atau cerita tersendiri didalamnya. Foto Human Interest juga dikenal sebagai foto yang memuat interaksi antara manusia dan alam, makhluk lain, maupun dengan lingkungan sekitar. Saya ingat perkataan yang diucapkan oleh salah satu dosen saya di semester 1 a.k.a ketika saya masih menjadi maba, yaitu :

“Untuk bisa menangkap moment, ekspresi dan cerita dari sebuah objek foto, kita harus bisa ikut merasakannya terlebih dulu.., apa yang objek kita rasakan, senangkah? sedihkah? atau apa?”
Dengan berusaha merasakan apa yang dirasakan objek, kita bisa menambahkan rasa (feel) pada foto kita, sehingga hasil yang diperoleh bukan sekedar dokumentasi namun sebuah foto yang bercerita dan memberikan "rasa" tersendiri.. seakan foto itu bercerita akan kisah yang dimiliki didalamnya.

Berikut ini tips dan trik dalam mengambil foto human interest yang telah saya rangkum untuk pembaca setia blog ini, yaitu :

  1. Tentukan lokasi dan objek foto
  2. Bawa perlengkapan seperlunya dan pastikan kelengkapan gear seperti jumlah memori, sisa baterai, dan kondisi kamera dalam keaadan baik
  3. Perkirakan waktu yang tepat dalam memotret, jangan sampai kehilangan momen
  4. Berkomunikasi untuk lebih mengenal objek yang akan dipotret dan mengetahui kisahnya
  5. Minta izin sebelum memotret bila perlu

Terakhir, saya akan menunjukkan beberapa contoh dari fotografi human interest yang pernah saya ambil sebagai referensi. Semoga ilmu yang saya sampaikan di postingan kali ini bermanfaat untuk kalian, have a good day!

View this post on Instagram

⁣ Poor guy.

A post shared by aldrichianata (@aldrichianata) on

View this post on Instagram

We are all chained to the rhythm.

A post shared by aldrichianata (@aldrichianata) on


Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment