Kebutuhan Server Untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Komputer

Server  adalah  perangkat  yang  ditujukan  untuk  menyediakan  sebuah layanan kepada beberapa perangkat lainya. Beberapa server bekerja dengan  berat,  dan beberapa  lainya bekerja  dengan ringan.  Tidak semua   kebutuhan   server   harus dimaksimalkan   sebisa mungkin, beberapa kebutuhan bisa diminimalisir untuk menghemat biaya. Lalu, apa  saja yang  harus  diperkirakan untuk  mendapatkan server  yang optimal?



1. Hardware

Sebelum memulai dengan spesifikasi bisnis, maka kita butuh untuk menentukan hardwarenya terlebih    dahulu.    Hardware    yang dimaksud  adalah  hardware yang bekerja  sama  dengan server, seperti Router, Switch, dsb. Pastikan,  bahwa server  kita bisa  bekerja  sama  dengan hardware lainya,  pastikan  bahwa  port untuk  koneksi  antara peripheral  satu bisa bekerja dengan yang lainya.


2. Aktifitas Bisnis

Setelah  hardware  yang  bisa  bekerja  sama  dengan baik,  maka  kita harus tahu aktifitas bisnis kita seperti apa. Dalam analisa kedua ini, kita harus tahu seberapa berat aktifitas yang dilakukan oleh server, apakah server akan melakukan komputasi matematika yang rumit? Apakah server hanya menyediakan konten? Apakah server bekerja dengan keras sebagai penyedia jasa kriptografi yang bertujuan menjaga kerahasiaan informasi yang terkandung dalam data sehingga informasi tersebut tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak sah? Setelah mengetahui aktifitas bisnis, kita bisa menentukan kebutuhan hardware  operasional  dalam  server  kita, berapa clock rate yang dibutuhkan, jumlah RAM, jumlah penyimpanan data, dsb.

3. Jumlah Pengguna

Selain  aktifitas  bisnis,  maka  yang  tidak  bisa  lepas  darinya  adalah jumlah pengguna. Aktifitas bisnis yang ringan mungkin memerlukan kualitas hardware yang rendah, tapi dengan jumlah pengguna yang banyak,   maka   kualitas   hardware   yang   tinggi juga dibutuhkan.


Untuk  mendapatkan  spesifikasi  yang  minimal,  jumlah  pengguna dikalikan  dengan  rasio aktifitas bisnis  yang  dibutuhkan  karena mereka  saring  terkait satu  sama  lain. Spesifikasi minimal tersebut dikalikan  dengan  jumlah  pengguna lagi  untuk  membuat  margin antar spesifikasi minimal dan rata-rata operasional.

4. Skalabilitas

Sebuah struktur yang baik adalah apabila struktur tersebut tumbuh, dia  tidak  perlu dibangun  lagi dari  awal.  Server  harus  bisa  tumbuh dan  berkembang  sesuai  dengan kebutuhan  di  masa mendatang. Penentuan skema jaringan, dan juga pembagian sumber daya yang tepat,  alokasi cadangan  yang  tepat  bisa  membuat  perkembangan server dengan mudah tanpa harus merubah yang sudah jadi.

5. Titik Penyebaran

Server  dengan  pengguna  yang  tersebar  mempunyai  jarak  yang berbeda-beda dalam mengirimkan     informasi.     Apabila     titik penyebaran terlalu jauh, bukan tidak mungkin server sekunder yang lebih   dekat   harus   dibuat.   Pembuatan   server   sekunder, bisa membuat penyampaian   informasi, apabila tidak dimungkinkan, maka optimalisasi hardware    media pengiriman    data    harus ditingkatkan,  seperti  menggunakan  media kecepatan  tinggi  seperti kabel fiber, dsb.

6. Software

Ingat bahwa hardware tidak bisa bekerja tanpa software. Pemilihan software yang tepat juga dibutuhkan. Kita juga bisa melihat aktifitas bisnis  yang  dilakukan,  apakah  server berfungsi sebagai  penyedia DNS?  Berarti,  kita  harus  menginstall  software  manajemen DNS  di server.

Bagaimana   dengan   pemilihan   jenis   atau   merk   DNS   server? Pemilihan  yang sesuai tergantung  dari  kebutuhan  server,  apabila server  melayani  jutaan  pelanggan  tiap harinya  dan apabila  mati sejenak   bisa   menyebabkan   bencana,   maka   pemilihan merk software  sebaiknya dilakukan  sebaik  mungkin  untuk  meminimalisir kerugian. Server harus  bisa  dihandalkan  untuk mengatasi  jutaan  pengguna yang mengaksesnya.

Secara hirarki, kebutuhan server  terpisah antar hardware dan  software, tapi salah satu dari mereka  tidak  bisa  diabaikan.  Hadware  ditentukan  berdasarkan aktifitas bisnis dan jumlah pengguna,   lalu   bagaimana   untuk   menentukan hardware ini? Ada beberapa metode, salah satunya adalah klasifikasi tingkatan. Klasifikasi ini bisa berbeda-beda sesuai dengan orang yang melakukan klasifikasi, orang tersebut harus berpengalaman  dalam melakukan  perkiraan kebutuhan hardware untuk sebuah bisnis.


By: blogabdulhalim.blogspot.com | Abdul Halim (c) 2016
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment