Perbedaan booting dan posting

 Boot dan POST by sharelock

Booting adalah proses persiapan sistem operasi ke dalam memori komputer. Saat terjadi proses booting, secara umum program BIOS (Basic Input Output System) akan terpanggil. BIOS akan melakukan cek terhadap semua error yang ada pada memory, device-device yang terpasang / tersambung pada komputer (seperti port-port serial) dan lain-lain.  Proses ini disebut dengan POST (Power On Self Test). Setelah pengecekan sistem tersebut selesai, BIOS akan mencari sistem operasi, memuatnya di memori, dan mengeksekusi / menjalankan sistem operasi tersebut.

Sedangkan Posting / POST (Power On Self Test) adalah test yang dilakukan oleh komputer / PC untuk mengecek fungsi - fungsi komponen pendukung (yaitu Hardware) apakah bekerja dengan baik atau tidak. 

POST dilakukan pada saat booting (awal nyalanya mesin komputer), jika komputer mengalami suatu masalah, maka akan terdeteksi gejala kesalahannya melalui POST yang berupa suara peringatan (biasanya berbunyi "beep") / pesan berupa bentuk suara yang dihasilkan melalui speaker atau tampilan visual di monitor.


By: blogabdulhalim.blogspot.com | Abdul Halim (c) 2016
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment