Ciri khas presentasi video


Setelah kita mengetahui tentang Pengertian, fungsi, dan jenis presentasi video, baiknya kita juga mengetahui tentang ciri khas pada presentasi video. Berikut ini saya akan menjelaskan tentang ciri-ciri khusus dari presentasi video yang telah saya rangkum dari materi yang diberikan oleh guru saya. Silahkan disimak dan dipahami dengan baik.

Ciri Khas Presentasi Video

A. Gambaran singkat

Ciri khas presentasi video adalah mudah dibuat, bersifat spontan, dan mengakomodasi keinginan pembuat. Untuk itu maka alat yg digunakan adalah yang paling sederhana dan mudah dijangkau.

Proses pembuatan presentasi video haruslah dirancang dengan bentuk sederhana, tidak seperti video pada umumnya. Perbedaannya, antara lain:
1. Tanpa memerlukan teknik pengambilan gambar yang rumit.
2. Pencetus ide dapat berlaku sebagai sutradara ataupun pemain bahkan sebagai
editor.

Salah satu tujuan presentasi video adalah membantu mengkomunikasikan gagasan atau konsep melalui video, sebagai media audio-visual. Gagasan atau konsep berbentuk produk yang dihasilkan dan cara pelayanan (services) atau prosedur kerja akan menjadi lebih mudah dikomunikasikan dalam bentuk presentasi video.

B. Explanation

Ciri presentasi video produk yang dihasilkan / barang jadi, seharusnya :

  1. Memiliki alur presentasi logis, dimulai dari masalah (bila perlu didramatisasi seperlunya), ditunjukkan solusinya berupa gagasan yang akan dikemukakan.
  2. Menggunakan sekuen naratif, sekuen deskriptif, dan sekuen penjelasan (explanatory) dengan titik berat pada sekuen deskriptif.
  3. Lebih mengutamakan tampilan produk benda yang telah diproduksi / dihasilkan, atau animasi grafis cara kerja.
  4. Setiap gerak dalam presentasi memiliki makna yang mendukung kelebihan produk.
  5. Kamera lebih jeli dalam menampilkan bagian utama dan kelebihan produk atau cara kerja.
  6. Diungkapkan dengan sketsa atau animasi (cara bekerja bagian produk pada bagian-bagian yang tidak tampak secara langsung).
  7. Cara bekerja produk didemonstrasikan langsung. Bila perlu menggunakan direct sound atau dengan istilah lain sound on tape.
  8. Terjaganya sekuen kontinuitasnya.
  9. Narasi hanya mengantar dan menjelaskan hal-hal tertentu (tidak mendominasi seluruh tayangan). Narasi menggunakan kata-kata lugas (bukan mengomentari tampilan gambar). Dipersiapkannya naskah narasi tersendiri. Penempatan kalimat-kalimat kunci harus tepat, dan adanya gaya bercerita yang kuat.
  10. Menggunakan testimoni orang terkenal, atau ilmuwan atau praktisi khusus.
  11. Pada tahap simpulan, ditutup dengan narasi yang kuat, berpengaruh, menggunakan gambar yang jelas, musik yang ‘gegap gempita’ dan berakhir pada ‘klimaks’.

Sekian penjelasan singkat tentang Ciri khas presentasi video. Semoga postingan ini dapat bermanfaat :-D Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang presentasi video silahkan klik disini. Sekian dan terimakasih.


By: blogabdulhalim.blogspot.com | Abdul Halim (c) 2016
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment