Konfigurasi HTTPS pada Windows Server 2012


Hypertext Transfer Protokol Secure (HTTPS) adalah versi aman dari HTTP, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

HTTPS ini ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi yang dijamin lebih aman daripada HTTP biasa. HTTPS menjamin tiga keamanan berikut :
  1. Autentikasi server = memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi yang sebenarnya (asli).
  2. Kerahasiaan data berarti eavesdropper (penyadapan) tidak dapat mengerti komunikasi antara client dengan web server, karena data terenskripsi.
  3. Integritas data berarti penyerang jaringan tidak dapat merusak atau mengubah isi komunikasi antara client dengan web server.
Ok, itulah sedikit pengenalan tentang HTTPS. Berikut ini adalah konfigurasinya, silahkan disimak.

1. Persiapan

Langkah pertama, tentu saja kita harus melakukan instalasi FTP di Windows Server 2012, caranya sangat mudah. Buka server manager, kemudian klik “Manage” lalu pilih “Add roles and features” selanjutnya pilih tipe instalasi dan server tujuan. Lalu, pada penambahan fitur pilih "Management Tools" pada Roles Web Server (IIS)


Kemudian, konfirmasi pemasangan tersebut. Klik “Install”

Tunggu hingga proses instalasi selesai

2. Konfigurasi

Langkah pertama pada tahap konfigurasi adalah buat host dengan nama "www". Caranya adalah buka server manager kemudian klik “Tools” lalu pilih “DNS”, lalu kita buat host baru pada salah satu zona, caranya.. klik kanan kemudian pilih “New Host (A or AAAA)…” lalu beri nama host tersebut dengan “www” lalu isikan IP address dengan IP server lalu klik “Add Host”

Selanjutnya cek koneksi ke host tersebut (www sebagai web server)

Selanjutnya buka IIS Manager. Masuk ke Server Manager > Tools > Internet Information Services (IIS) Manager kemudian pilih "Server Certificates" untuk membuat sertifikat yang ditujukan pada website HTTPS

Pada bagian Actions pilih "Create Self-Signed Certificate..."

Isi nama sertifikat tersebut dengan nama website beserta domainnya. Contoh : "halim.id"
Kemudian untuk jenis sertifikatnya pilih "Personal"

Maka hasilnya seperti ini

Selanjutnya buat website. Buka IIS Manager kemudian klik kanan pada bagian “Sites” lalu pilih “Add Website…”
  1. Isi alamat website pada bagian Site name
  2. Kemudian pada Physical path pilih folder yang berisi konten dari website tersebut
  3. Lalu untuk Binding pilih "https" sebagai tipe website
  4. Terakhir, untuk SSL certificate pilih sertifikat yang telah dibuat sebelumnya dan dengan nama yang sesuai untuk website tersebut
  5. Jangan lupa centang bagian Start Website immediately

Maka hasilnya seperti ini. Coba buka website tersebut dengan cara klik "Browse *:443 (https)" pada bagian Actions

Jika muncul peringatan saat membuka website https tadi, pilih "Don't use recommended settings" lalu klik "OK"

Berikutnya, pilih "Continue to this website"

Untuk Security Alert, pilih "OK" saja

Maka website akan terbuka.. namun, alamat website tersebut adalah "https://localhost/" tidak sesuai dengan yang telah dikonfigurasi. Cara mengubahnya adalah masuk ke IIS Manager kemudian Edit Bindings

Pilih website yang tadi dibuat, kemudian klik kanan lalu pilih "Edit Bindings..."

Setelah masuk ke menu Site Bindings, pilih "Add..." lalu masukan IP server pada bagian IP address lalu isi alamat website pada bagian Host name

Selanjutnya, buka website tersebut dengan cara klik "Browse www.halim.id on 192.168.43.101:443 (https)" pada bagian Actions

 Maka website tersebut akan terbuka dengan alamat "https://www.halim.id/"


Sekian yang dapat saya sampaikan tentang konfigurasi HTTPS pada Windows Server 2012. Semoga dapat bermanfaat. Apabila ada pertanyaan / kritik / saran silahkan kirimkan melalui kolom komentar. Sekian, terimakasih. Regards..

By: blogabdulhalim.blogspot.com | Abdul Halim (c) 2016
Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment