Cara Berpikir Kreatif Menghasilkan Ide Positif

Dalam proses berpikir kreatif, seringkali kita menghasilkan banyak ide positif. Postingan kali ini akan menjelaskan hubungan dari tujuan berpikir kreatif yang dapat menghasilkan ide-ide cemerlang yang sifatnya positif. Positif disini bukan hanya diartikan baik, namun benar-benar dapat terealisasikan dan tidak hanya tersimpan sebagai ide saja.

Masing-masing manusia dibekali otak untuk berpikir dan setiap individu dapat menghasilkan ide untuk suatu kepentingan tertentu yang akan dilakukan. Namun, pernahkah kita dihadapkan pada sebuah situasi ketika otak mulai berpikir namun terkadang tidak mampu menghasilkan ide-ide baik yang dapat terealisasikan? dan akhirnya ide-ide itu tertunda bahkan tak terpikirkan lagi alias terlupakan. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan yang belum dilatih untuk memegang kendali atas pikiran kita. Terkadang kita bertanya kepada diri sendiri “Apakah aku bisa?”, “Apakah aku mampu?”. Ketika pertanyaan itu muncul, terkadang banyak dari kita mengacuhkannya tanpa menjawabnya untuk mengembangkan pemikiran kita agar dapat melanjutkan ide yang kita punya ke tahap berikutnya.

Seorang kreator ulung atau penemu-penemu terkenal dunia pasti mempunyai pola pikir dan pandangan yang berbeda dibanding orang lain. Mereka selalu menempatkan diri pada posisi yang berbeda dengan banyak orang. Ciri-ciri mereka adalah tidak puas diri (tidak mudah puas), pantang menyerah, dan berani berfikir berlawanan arah (menentang arah) atau yang lebih dikenal dengan kata "think differently".

Einstein, dianggap "idiot" di usia 3 tahun saat pola hidupnya berbeda dari kebiasaan atau norma-norma yang ada. Pola hidupnya seperti menyerupai atau mirip kelelawar; siang tidur dan malam bekerja. Well, itulah tipe atau ciri seorang kreator. Tetapi, dari sekian banyak orang dengan ciri-ciri seperti itu, sedikit yang sukses karena banyak dari mereka yang tidak bisa memanfaatkan kelebihannya sebagai kreator.

Ada beberapa prinsip dan jenis dari cara berfikir berbeda, cara pertama untuk mengembangkannya adalah jangan mengikuti pola pikir orang banyak atau mengikuti kebiasaan. Seorang kreator cenderung mengoptimalkan otak kanannya sehingga intuisinya terus diasah dan tidak terjebak rutinitas seperti kebiasaan otak kiri.

Apa semua orang tidur butuh guling? Belum tentu, mungkin bantal saja cukup. Dari analogi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kita sering terjebak dengan pola rutinitas dan kebiasaan, sehingga bila sesuatu terus-menerus terjadi, orang akan berkata, “Ah, sudah biasa kok!” Prinsip ini sering digunakan orang kreatif iklan untuk mengkomunikasikan pesannya, yaitu "repetition" atau pengulangan yang ditujukan agar orang-orang mengganggap produk yang diiklankan adalah sesuatu yang mereka ketahui dengan baik.

Hindarilah jebakan logika Anda. Cobalah untuk membuat imajinasi anda melayang jauh, pikirkanlah untuk pergi ke gunung sambil camping, memancing di hotel, atau hanya di rumah saja sambil menonton film hiburan layaknya di bioskop. Munculkan hotel, apartemen bernuansa resort, atau bengkel dengan tema "one stop entertainment". Biarkan imajinasi mengarah ke hal yang tidak biasa, sedikit "out of the box", maka anda akan menemukan inspirasi.

Teori inovasi adalah suatu teori yang berlandaskan sesuatu yang tidak mungkin (impossible) untuk diwujudkan menjadi mungkin (possible). Sebagian besar penemu dunia mengacu kepada konsep "Innovation Theory", bahwa sesuatu yang tidak mungkin, tidak terpecahkan, dan tidak bisa terselesaikan akan menjadi mungkin, dengan usaha yang tidak kenal menyerah.

Inovator-inovator hebat, seperti Thomas Alva Edison, yang membuat riset dan mencari kawat bertahan panas hingga membuat percobaan untuk menemukan bola lampu sebanyak 2.000 kali, Graham Bell dengan teleponnya, Marconi dengan radionya, dan masih banyak lagi orang yang sensasional dan spektakuler penemuannya. Semua itu diawali dengan proses berpikir kreatif yang akhirnya menghasilkan ide positif.

Itulah postingan tentang bagaimana Cara Berpikir Kreatif Menghasilkan Ide Positif. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan membuka wawasan kalian lebih luas lagi. Terus kunjungi rubrik Creative Thinking di blog ini untuk mendapat banyak insight tentang kreativitas. Jangan lupa untuk selalu berpikir dan bersikap positif bagaimanapun keadaan kalian. Tetap semangat, terima kasih.

Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment