Konsep Mendetail Berpikir Kreatif

Setelah dalam postingan sebelumnya saya berbagi mengenai teori inovasi tentang "Cara Berpikir Kreatif Menghasilkan Ide Positif", maka untuk memperkuat teori tersebut terkandung prinsip "Think More Detail". Konsep Mendetail Berpikir Kreatif merupakan konsep dimana kita diajak untuk mengubah pola kebiasaan berpikir kita dengan kebiasaan yang baru untuk menjadi lebih kreatif.

Ketika kalian melihat televisi maupun mendengar radio, cobalah untuk menjadi lebih detail. Apa dan bagaimana kalian melihat tv tersebut? nyamankah? Perhatikan pula tokoh-tokohnya. Analogi semisal dapat dilakukan saat kita menonton film, amatilah film bukan dari tokohnya, melainkan dari hal pendukungnya dan sisi lainnya, misalnya editing, sudut pengambilan, kamera, teknik pengambilan gambar, dan lain-lain.

Setelah memahami konsep "Think More Detail", barulah kita berbicara mengenai konsep "Have a Perfect Result". Konsep ini berbicara mengenai langkah dimana kalian harus bekerja keras dan dituntut untuk lebih dari sekedar puas, karena hal ini tidak mengenal hasil yang biasa-biasa saja dan seharusnya membuat kita tidak cepat puas diri. Jika ingin menerapkan prinsip ini, selalulah berpikir dan berprinsip "pasti ada jalan keluarnya", atau "kesulitan ini bersifat sementara, hanya saya yang belum tahu saja".

Prinsip berikutnya adalah "There Must Be a Solution". Prinsip ini konsepnya sama, hanya berbeda di output atau hasil akhirnya. Prinsip ini memanfaatkan proses berpikir untuk mencari solusi dengan kesempurnaan dari hasilnya. Contoh penerapannya adalah sebagai berikut: 

Gantilah kata "tetapi" dengan "dan" ... “Saya ingin pergi dengan mobil, tetapi saya ingin tiduran.” menjadi “Saya ingin pergi dengan mobil dan saya ingin tiduran.” Dengan begitu, proses berpikir kita akan terasah dan menghasilkan solusi yang sempurna serta mungkin saja dapat bermanfaat dan menjadi sebuah inovasi baru.

Apakah ada yang memberikan solusi dari masalah tadi? Disinilah kalian akan sangat mungkin menemukan peluang. Banyak sekali produk dan jasa yang muncul karena proses penyatuan kedua permasalahan yang dipertemukan dan akhirnya terciptalah solusi dengan hadirnya produk/jasa tersebut sebagai solusinya.

  • Walkman, tercipta dari ide seseorang yang ingin berolahraga sambil mendengarkan musik.
  • Magic Jar (penanak nasi plus penghangat), hadir sebagai jawaban dari masalah seseorang yang ingin menanak nasi, sekaligus ingin selalu makan nasi yang hangat.
  • Video Call, hadir dari tuntutan ingin menelepon dan ingin melihat orang yang ditelpon.
  • Bengkel one stop services, hadir menawarkan jasa servis mobil sekaligus hiburan seperti tempat makan atau pusat permainan arkade.

Amatilah kesulitan dan masalah yang terjadi, tempatkan diri pada posisi luar (sebagai penonton), lalu cobalah untuk memperhatikan masalah tersebut dan pecahkanlah. Setelah itu, kembalilah kedalam untuk mengeksekusi ide pemecahannya.

"Kesulitan dan Inspirasi itu Saling Melekat Satu Sama Lain". Maksud dari prinsip ini adalah jika di satu sisi terdapat suatu kesulitan, maka di sisi lain ada sebuah inspirasi atau peluang, dan kita bisa memenuhi atau memanfaatkannya untuk mewujudkan sebuah ide baru.

Disaat muncul pesaing yang potensial, bagi produk yang disaingi mungkin itu dianggap sebagai suatu kesulitan, tetapi bagi yang menyaingi hal itu adalah peluang. Ubahlah pola pikir bahwa posisi kalian adalah objek, bukan subjeknya. Misalnya, bila kalian merasa kesulitan untuk menyelesaikan masalah yang ada, maka berpikir atau posisikanlah diri kalian sebagai seorang pesaing atau lawan, maka sangant mungkin kalian akan menemukan sebuah peluang disitu. Creative Thinking. Pikirkanlah secara kreatif aturan-aturan yang belum dibuat untuk menciptakan sebuah inspirasi dan peluang.

Cobalah untuk berpikir berbeda, tampilah berbeda, dan inginkanlah sesuatu yang berbeda. Kreatiflah. Berinovasilah. Itulah pola pikir dalam melatih intuisi kalian dalam menciptakan peluang/ide bisnis. Peluang akan hinggap kepada orang yang mempunyai daya imajinasi yang tinggi dan pola pikir yang berbeda. Semoga postingan di rubrik Creative Thinking tentang Konsep Mendetail Berpikir Kreatif ini dapat bermanfaat dan membuka wawasan kalian. Tetap semangat, terima kasih.

Previous
Next Post »

Silahkan kirimkan Komentar dan Masukan anda. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment